Sejarah Singkat Berdirinya FKIP - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Kamis, 17 Oktober 2013

Sejarah Singkat Berdirinya FKIP

Gedung A FKIP UNRAM Tampak Depan
Berdasarkan keputusan Mentri PTIP pada 23 Oktober 1963 Nomor 10940/UP/H/1063 yang terhitung mulai 1 Oktober 1962, Pimpinan Universitas yang pertama berbentuk Presedium. Tanggal 1 Oktober ini dirayakan sebagai Dies Natalis hari berdirinya Universitas Mataram. Susunan  `presedium ini adalah sebagai berikut:
            Ketua : R. AR. Moh.Rusian Tjakraningrat (gubernur KDH Provinsi NTB)
            Anggota – anggota : Letkol M Yusuf Abubakar (Danrem 162)
                                          Drs. Soeroso, MA (Kepala Polisi Komisariat NTB)
                                          Hari Saheroji, SH (Kepala Cabang Kejati NTB)
            Sekretaris : M. Samiono (Sekretaris Daerah NTB)
            Untuk melengkapi struktur organisasi Universitas Mataram selanjutnya diresmikan berdirinya fakultas – fakultas seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum dan Fakultas Peternakan. Rapat senat 8 Maret 1968 dengan agenda pemilihan pimpinan Universitas dan menetapkan untuk mengusulkan perubahan dari Presedumschap menjadi Rektorschap, dan dengan keputusan Direktur Jendral Perguruan Tinggi tanggal 1 Mei 1968 Nomor 1565/KT/I/68 ditetapkan tanggal 1 Maret 1968, pimpnan Universitas Mataram sebagai berikut :
            Rektor : Kolonel M. Yusuf Abubakar
            Pembantu Rektor I : Drh. H. M. Anwar Abidin
             Pembantu Rektor II : Drs. Abdul Karim sahidu
            Pembantu Rektor III : Drs. Abdul Munir
            Pembantu Rektor Khusus : Ir. M. Qazuini, M.sc
            Sampai saat ini, unram disamping ada unsur – unsur pelaksan yaitu Fakultas – Fakultas dan Lembaga – Lembaga yang ada dilingkungan universitas mataram, terdapat unsur penunjang yang berupa beberapa unit pelaksana Teknis (UPT), Seperti UPT Perustakaan, UPT pusat kokmputer, UPT Mata Kuliah Umum, UPT mataram Universiti press, UPT peningkatan dan pengembangan aktivitas instruksional (PPAI), UPT matematika dan Ilmpu pengetahuan alam (MIPA) dan UPT Pusat Bahasa.
Pada Tahun 1981/1982 dengan adanya SK Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.326/D2.3/M/80 tertanggal 31 Desember 1980, Universitas Mataram diberikan tugas untuk mengelola program Diploma I Kependidikan Bidang Studi PMP, Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika. Dengan diselenggarakannya program tersebut Universitas Mataram memiliki LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) sebagai lembaga Pembina program Diploma kependidikan. Berdasarkan pemikiran itu dengan SK Rektor Universitas Mataram No.102/PT.21/H4/81 tertanggal 25 April 1981 dibukalah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Selanjutnya pada tahun akademik 1981/1982 Universitas Mataram diberi tugas untuk mengelola program pendidikan Doploma II untuk bidang studi Bahasa dan sastra Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika disamping masih tetap mengelola Diploma I.
            Keadaan pada fase embrional ini FKIP Universitas Mataram tetap optimis menghadapi tantangan yang datang silih berganti. Jumlah Mahasiswa setiap tahunnya terus bertambah sedangkan ruang kuliahnya belum memadai, sehingga kegiatan perkuliahan tersebar diseluruh ruang – ruang perkuliahan yang ada dilingkungan Universitas Mataram mulai dari pagi sampai malam.
            Dengan keluarnya SK Presiden RI No.63 Tahun 1982 tertanggal 7 September 1982 tentang susunan organisasi Universitas Mataram, FKIP secara resmi diakui kehadirannya dan untuk itu diharapkan FKIP Universitas Mataram dapat lebih  mengembangkan lembaganya dan mampu mencetak tenaga – tenaga kependidikan atau guru yang memiliki kompetensi Professional, Personal, kemasyarakatan yang tangguh, dan memiliki rasa tanggung jawab serta pengabdian dalam melaksanakan tugasnya.
            Kemudian pada fase 10 tahun pertama berdirinya FKIP kembali ditugaskan untuk membina program D II PGSD guru kelas yang pelaksanaan operasionalnya terletak di UPP luar kampus (eks SGO), dan merupakan satu UPP dalam kampus yakni UPP FKIP. Penerimaan mahasiswa baru untuk D II PGSD ini telah dimulai pada tahun akademik 1991/1992 dan tidak dibuka kembali sejak tahun akademik 2004/2005.
            Untuk Tahun Akademik 1992/1993 FKIP juga telah mendapat tugas mengelola program D3 PGSM Penyertaan Matemtika IPA bersama-sama dengan Kanwil Depdikbud NTB. Masukan D3 PGSM ini Lombok Barat pada tahun berikutnya dibuka program Akta IV dan Penyertaan S1 melalui Proyek Peningkatan Guru Sekolah Menengah (PGSM) Dirjen Dikti.
            Untuk meningkatkan kualitasa pendidikan khususnya pendidikan dasar, FKIP Universitas Mataram pada tahun 2005/2006 membina S1 PGSD, dan pada tahun 2007/2008 FKIP Universitas Mataram menyelenggrakan Program pendidikan S1 PGSD Kualifikasi dalm jabatan bagi guru SD berjenjang pendidikan SPG dan SGO. Pada tahun tahun 2008/2009 FKIP Universitas Mataram juga membina program S1 PG-PAUD yang merupakan perubahan dari program D2 PGTK, dan program S1 Ekstensi di samping program-program regauler yang memang sudah dibina jauh sebelumnya. Pada tahun Akademik 2009/2010, FKIP Universitas Mataram dipercaya untuk menyelenggarakan Program Pendidikan S1 PGSD Peningkatan Kualifikasi Guru Dalam Jabatan. Pada tahun-tahun yang akan datang  FKIP Universitas Mataram akan mengusulkan agar dapat dibukanya penyelenggaraan program Studi Sosiologi,  Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Pendidikan Seni.
             Pada tahun akademik 2008/2009, FKIP Universitas Mataram juga dipercaya membuka Program Magister Pendidikan Sains. Untuk tahun akademik 2009/2010, FKIP Universitas Mataram menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, sementara Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Manajemen Pendidikan sudah diusulkan.
Sarana Gedung
             Pada awal berdirinya, Tahun Akademik 1981/1982, FKIP Universitas Mataram belum memiliki Gedung sendiri sehingga perkuliahan dilaksanakan di ruang-ruang tertentu di seluruh jajaran Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Mataram. Sarana Laboraturium yang tak kalah pentingnya dalam proses Pendidikan juga pada saat itu belum dimiliki oleh FKIP, sehingga kegiatan praktikum mahasiswa Program Studi Biologi di Laboraturium Fakultas Peternakan dan Laboraturium Dasar, sedang mahasiswa Program Studi Bahas Inggris memanfaatkan Laboraturium Bahasa Universita Mataram.
             Kondisi pada tahun 1993/1994 jumlah tawaran matakuliah untuk program S1 dan Diploma rata-rata/semester 825 SKS. Kalau kapasitas penggunaan ruangan secara maksimal (pagi-sore) rata-rata 65 SKS/minggu/ruang, maka minimal ruang kuliah yang diperlukan adalah 25 ruang kuliah.
             Pada akhir tahun 1985 FKIP Unram mendapat gedung berlantai tiga dengan ruang kuliah sejumlah 8 ruangan. Gedung ini sekarang lebih dikenal dengan Gedung B dan Gedung C dan dipergunakan bersama oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dan Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA. Pada saat itu, gedung ini belum bisa mengatasi kebutuhan ruang kuliah yang seharusnya. Oleh karena itu perkuliahan masih menggunakan sebagian ruang Fakultas Hukum (sekarang Fakultas Kedokteran)  dan Fakultas Ekonomi (sekarang Pogram Studi Pariwisata dan Program Magister Manajemen) di Kampus Lama Universitas Mataram.
             Dengan diintegrasikannya SGO Mataram ke FKIP Unram pada tahun 1990, FKIP mendapat tambahan ruang kuliah sebanyak 6 ruangan yang dipergunakan saat itu Oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Namun jumlah tersebut masih belum mampu mengatasi kebutuhan ruang kuliah yang diperlukan. Akan tetapi, sejak tahun 2005, gedung eks-SGO telah dikelola antara FKIP Universitas Mataram dan Dinas Pendidikan Kota Mataram dalam bentuk Sekolah Dasar Bertaraf Internasional.
             Dengan selesainya gedung baru Fakultas Hukum Unram ( di Kampus Baru Universitas Mataram, Jln Majapahit No 62 ) pada tahun 1992, gedung lama Fakultas Hukum yang berlokasi di areal FKIP Unram diserahkan penggunaannya kepada FKIP Unram. Semenjak penyerahan gedung ini, kebutuhan ruang lingkup FKIP Unram relatif telah terpenuhi. Gedung ini sekarang dikenal dengan gedung D dan dipergunakan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan.

             Sampai saat ini FKIP Unram memiliki gedung sebanyak 5 gedung (Gedung :A, B, C, D, dan E). Satu Ruangan Perpustakaan Fakultas. Sebanyak 9 Laboraturium yaitu : Lab. Fisika, Lab. Kimia, Lab. Biologi, Lab. Bahasa Inggris, Lab. PIPS, Lab. PGSD, Lab. PAUD, Lab. Micro Teaching, dan Lab. komputer. Selain itu FKIP Unram juga menyediakan jasa pelayanan kampus seperti:  Jasa kantin, Photocopy, Mushalla, Jasa Internet, dan Parkir. (Adv*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar