JUMLAH PESERTA PPL MENGALAMI PENINGKATAN, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA MENDOMINASI - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 13 Agustus 2016

JUMLAH PESERTA PPL MENGALAMI PENINGKATAN, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA MENDOMINASI



.
 Mataram, Pena Kampus – Acara pelepasan mahasiswa PPL (Program Pengalaman Lapangan) yang diadakan pada Rabu (10/08) dihadiri oleh dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidik Universitas Mataram (FKIP-UNRAM)  beserta jajarannya. Acara yang diikuti oleh sekitar 614 orang mahasiswa berasal dari sembilan jurusan yang ada di FKIP. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya menembus angka sekitar 566 orang mahasiswa. Seperi biasa, acara yang dibuka dengan melakukan upacara bendera di halaman parkiran Gedung A FKIP Unram tersebut berlangsung khidmat. 
Dari pernyataan Dadi Stiadi selaku ketua pelaksana  PPL , peserta awal yang akan mengikuti PPL ini berjumlah sebanyak 650 mahasiswa. Setelah melalui seleksi pertama, peserta yang gugur karena tidak memenuhi syarat sebanyak 20 orang, pada seleksi tes kedua, jumlah peserta yang gugur sebanyak 16 orang.
Syarat – syarat untuk mengikuti mata kuliah PPL—seperti tahun-tahun sebelumnya—  adalah dapat memenuhi  minimal 112 SKS serta memenuhi mata kuliah dasar, keguruan, juga mata kuliah yang lainnya. Pendaftaran dilakukan dengan sistem online kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bukti pendaftaran, berkas registrasi,lalu dilanjutkan dengan diberikan pembekalan perangkat pembelajaran selama satu hari hingga barulah tes tertulis dilakukan sampai akhirnya pada penempatan para mahasiswa PPL. Meski tidak ada kendala yang cukup berarti, tetapi pelaksaan pendaftaran PPL secara online sempat menjadi keluhan mahasiswa karena masalah gangguan server, hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang peserta PPL.
Peserta  PPL  akan disebar ke 94 sekolah. 53 sekolah di Mataram , 41 sekolah yang ada di Lombok Barat dan 1 di Newmont dengan 317 dosen pembimbing. Peserta PPL terbanyak tahun ini adalah dari Program Studi Bahasa Indonesia yakni sebanyak 140 orang dan peserta paling sedikit dari Program Studi Pendidikan Anak Sekolah Dini (PAUD) yang hanya 2 orang. Ini terjadi karena pada Prodi PAUD dan PGSD, mata kuliah PPL ini hanya ditawarkan pada semester genap saja serta adanya perubahan kurikulum (Ida,Yan,Ros).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar