Taman Rekreasi dan Edukasi Milik Unram, jadi Tempat Wisata Gratis Untuk Masyarakat Umum - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Selasa, 01 September 2020

Taman Rekreasi dan Edukasi Milik Unram, jadi Tempat Wisata Gratis Untuk Masyarakat Umum

 

Unram Farming

Mataram, Pena Kampus – Selama libur panjang akibat wabah virus Corona, Universitas Mataram (Unram) membuat Unram Farming, sebuah tempat rekrasi dan edukasi di Desa Nyiurlembang Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat (Lobar).


Dibangun di lahan seluas empat hektare tepat di belakang Sekolah Menengah Negeri 1 Narmada Lobar. Diketahui, lahan tersebut milik Fakultas Pertanian Unram. Iwan selaku manager Unram Farming menjelaskan, bahwa lahan tersebut biasa digunakan sebagai Laboratorium Praktikum.


Ia mengatakan, Unram Farming sekaligus sebagai lokasi rekreasi warga sekitar. Bukan hanya itu, Unram Farming dijadikan lokasi edukasi untuk Mahasiswa Unram dan Masyarakat luas.


“Nampak tidak terurus, makanya itu kita jadikan salah satu tempat wisata di Narmada. Kita beri nama Unram Farming, dengan tidak mengubah fungsi utama lahan untuk lokasi praktikum,” jelasnya, sabtu (29/8) kepada Pena Kampus.


“Unram bekerja sama dengan PT. Werdhi Rahayu Nusantara menciptakan konsep taman edukasi. Selain terdapat tanaman-tanaman percobaan milik Mahasiswa Fakultas Pertanian Unram di lahan itu juga terdapat lesehan yang dilengkapi sebuah kolam renang,” bebernya. Pun, di Lesehan tersebut dijual makanan dan minuman yang bahan dasarnya hasil dari produksi Unram Farming.


Adapun proses pembangunan Unram Farming dimulai sejak bulan Desember 2019 dan selesai pada bulan April 2020. Namun, dengan mewabahnya COVID-19 pembukaan Unram Farming diundur hingga 8 Agustus 2020. “Kami sengaja tidak mengundang semua pihak Civitas Akademika Unram karena sedang darurat COVID-19,” katanya.


Iwan menjelaskan, lahan yang sebelumnya milik Fakultas Pertanian, saat ini dipegang pihak Rektorat. Ia pun tak mengetahui proses peralihan lahan tersebut ke tangan Rektorat Unram karena Iwan adalah orang yang ditunjuk untuk menduduki kursi Manager dari pihak PT. Werdhi Nusantara.


Marsinta Agustin yang juga alumni Fakultas Pertanian Program Agro Eko Teknologi Unram. Kata Marsinta, kehadiran Unram Farming sebagai tempat rekreasi sekaligus edukasi, disambut baik oleh masyarakat Narmada.

Salah satu pengunjung Unram Farming, Indah yang ditemui Pena Kampus, sabtu (29/8) kemarin, mengapresiasi keberadaan Unram Farming. “First Impression adanya Unram Farming ini keren sih, karena memang saya suka lihat yang hijau-hijau, kolamnya bersih pas untuk buat bawa anak,” katanya.


Selain itu, kata Guru yang mengajar di SMAN 1 Narmada ini, Unram Farming memiliki tempat yang bersih. Pun pada lesehannya, terdapat menu makanan yang lumayan enak-enak.“Tentunya sehat, cocok buat anak jalan-jalan ke sini,”pungkasnya. (Ayu, Rah, Dev).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar