RESENSI FILM “START UP” - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 09 Januari 2021

RESENSI FILM “START UP”

 

RESENSI FILM “START UP”

Oleh: Mia Adella Karnadi (Anggota LPM Pena Kampus)


                                                (tvn)


Judul Drama            : Start Up

Sutradara                 : Oh Choong-Hwan

Produser                   : Hwang Ki Yong

Penulis Skenario      : Park Hye-Ryun

Cast                           : Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kang Han-Na, Kim Sun-Ho

Produksi                    : Studio Dragon, HiSTORY D&C

Jumlah Episode         : 16 Episode

Stasiun TV                  : tvN, Netflix

 

Sinopsis

Drama yang diproduseri Hwang Ki Yong ini berkisah tentang orang-orang didunia Start Up. Seorang wanita yang bernama Seo Dal Mi yang diperankan oleh Bae Suzy adalah wanita muda yang memutuskan untuk putus kuliah dan bekerja disebuah perusahaan. Namun, karena pengabdiannya terhadap perusahaan tersebut dianggap sia-sia dia memutuskan berhenti dan memulai membuat perusahaan sendiri. Seo dal mi memiliki impian untuk menjadi seperti Steve Jobs.

Nam Do-San adalah pendiri Samsan Tech sebuah perusahaan yang berjalan dibidang teknologi. Nam Do-San memiliki kehebatan dalam matematika. Perusahaannya tidak berjalan yang membuatnya memutuskan untuk ikut dalam pekan pengembangan yang diadakan oleh Sandbox yang merupakan pusat pengembangan bagi perusahaan rintisan.


Won In-Jae adalah kakak dari Seo Dal-mi yang juga merupakan alasan Seo Dal-Mi bermotivasi untuk memulai bisnis. Won In-Jae adalah CEO muda disebuah perusahaan. Namun suatu ketika perusahaan yang dibangun Won In-Jae diambil alih oleh ayah tirinya. Karena tidak ingin terus bergantung pada ayahnya Won Injae pun memutuskan untuk merintis usaha melalui sandbox.


Han Ji-pyeong adalah pimpinan tim di perusahaan SH Venture Capital. Han ji-pyeong adalah seorang yatim piatu. Han Ji-Pyeong sangat pandai dalam bermain saham yang membuatnya memutuskan untuk merintis usaha diusianya yang masih muda. Dan dia berhasil mendapatkan kenyamanan atas kerja kerasnya.


Ulasan:

Mengenal istilah baru mengenai dunia kerja.

Tema dalam drama ini adalah perusahaan rintisan. Disana kita dapat mengenal istilah-istilah baru didalam dunia kerja seperti misalnya mentor bagi perusahaan rintisan. Penting bagi perusahaan rintisan untuk memiliki mentor serta digambarkan bagaimana pemilihan ceo yang baik. Banyak istilah dan ilmu yang bermanfaat dalam drama ini yang berhubungan dunia kerja.


Kelemahan Karakter Utama

karakter dari nam do san dibuat terlalu lemah dalam segi mental, tidak ada pengembangan karakter dari nam do san pada setiap episode, nam do san yang selalu menurut dan lembut ke semua orang selain han ji pyeong dia selalu bersikap agresif. Seo dal mi disalah satu scene digambarkan sedang bingung mengenai perasaannya namun disana tidak digambarkan jelas bagaimana keraguan seo dal mi sehingga perasaan ragu tersebut kurang tersampaikan. Han ji pyeong dibuat terlalu sempurna dalam hal materidan kedewasaan, namun dia memiliki kekurangan dalam hal keberanian mengungkapkan perasaan. Dia selalu mendapatkan semuanya kecuali yang diinginkannya. Pengembangan dari karakter han ji pyeong sangat lambat sama seperti karakter lainnya. Kemudian won in jae sangat kuat dalam segi mental namun peran won in jae tidak terlalu menonjol dan hanya membantu dua tokoh utama.


Kisah Cinta

Kisah cinta dalam drama ini berkisah tentang seorang seo dal mi yang memiliki cinta pertama pada nam do san yang mengiriminya surat sebagai penghibur dikala kehidupan keluarganya yang kacau saat itu, kemudia 10 tahun kemudian ia untuk pertama kalinya bertemu dengan nam do san dan memiliki perasaan padanya. Namun disini, namdosan yang mengiriminya surat dengan nam do san yang bertemu dengannya adalah seseorang yang berbeda.


Love line

Sejak episode pertama penayangannya tokoh han ji pyeong diceritakan penuh, kemudian pada episode kedua tokoh nam do san baru muncul. Sebagai seseorang yang bukan tokoh pasangan dari pemeran utama, han ji pyeong diceritakan sangat spesial dengan full satu episode yang kemudian melemahkan peran dari tokoh utama yaitu nam do san yang memiliki kisah cinta dengan seo dalmi. Dari sejak kemunculan drama ini sudah tergambar bahwa love line drama ini adalah nam jo hyuk dan bae suzy. Untuk mengatakan kisah cinta mereka adalah cinta segitiga tidak mungkin karena drama ini hanya bercerita mengenai nam do san dengan seo dal mi.


Alur Cerita

Banyak alur cerita yang lolos/tidak diceritakan dalam drama ini. Tentang bagaimana han ji pyeong bisa menjadi yatim piatu, tentang bagaimana ayah dari seo dal mi meninggal serta bagaimana won in jae bisa begitu saja kehilangan hak nya atas perusahaan yang ia bangun. Alur nya melewatkan urutan urutan penting, alur dimulai dengan pengenalan dari tokoh pendukung dan kemudian dilanjtkan dengan pertemuan dari tokoh pasangan utama. Sangat disayangkan bahwa pemeran utama tidak mendapat perhatian sejak awal. Dan timing han ji pyeong untuk menyatakan cintanya selalu dilewatkan bahkan dibuat terlalu terpaksa diakhir, sama denga saat seo dal mi membahas tentang surat yang ditulis han ji pyeong muda, timing saat seo dal mi membahas itu terlewat dan dipaksakan pada akhir cerita untuk menjadi pelengkap bahwa seo dal mi memperhatikan han ji pyeong.

 

1 komentar: