Tenun Pulau Maringkik Berpotensi Mendunia, Mahasiswa Beri Bimbingan - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Rabu, 01 Februari 2023

Tenun Pulau Maringkik Berpotensi Mendunia, Mahasiswa Beri Bimbingan

KKN Tematik Unram Pulau Maringkik 2

Mataram, Pena Kampus - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) Pulau Maringkik 2 Menggelar Acara Launching dan Bimbingan Website Tenun Pulau Maringkik serta Serah Terima Bibit Buah untuk Masyarakat Pulau Maringkik Kec. Keruak Lombok Timur (31/01/23).


Bertempat di aula kantor desa Maringkik, kelompok Mahasiswa KKN Tematik Pulau Maringkik 2 Unram melaksanakan kegiatan tersebut dengan tema “Promosi Tenun Pulau Maringkik Melalui Digitalisasi Marketing.” Kegiatan dimulai secara simbolis dengan pemotongan pita oleh pihak desa serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam hal ini diwakili oleh ketua BPD setempat.


Pada kesempatan tersebut ketua BPD ikut memberikan doa dan harapan untuk desa Maringkik nantinya “Semoga website ini dapat berguna bagi masyarakat dan melihat Maringkik akan menjadi salah satu desa yang menggunakan pakaian adat untuk setiap anak sekolah.” Ujar Hanafi selaku ketua BPD setempat. 


Kegiatan ini diinisiasi oleh kelompok KKN Tematik Pulau Maringkik 2 Unram yang melihat potensi sumber daya manusia (SDM) di Pulau Maringkik. “Hal ini dilaksanakan karena melihat potensi SDM dan sumber teknologi informasi yang semakin masif,” ucap salah satu anggota kelompok KKN Tematik Pulau Maringkik 2.


Selain itu, ia juga menambahkan bahwa langkah tersebut dapat menjadi awal untuk memperkenalkan Pulau Maringkik, “Ini dapat menjadi awal untuk memperkenalkan Pulau Maringkik di mata Nasional maupun Internasional.” Tandasnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang dan mendapat sambutan yang antusias dari warga setempat yang melihat hasil produk mereka yang ditampilkan di media sosial. Disamping itu kegiatan ini juga di barengi dengan bimbingan terkait pengelolaan website dari tim KKN Tematik Pulau Maringkik 2 Unram yang turut menghadirkan M. Hidayatullah, developer berpengalaman di Kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai pembicara.


Hidayatullah menjelaskan terkait bagaimana mekanisme penggunaan website serta menjelaskan beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna website tersebut, “Di website ini kita bisa menggunakan fitur live chat dan sistem belanja online,” terangnya.


Selain itu, ia juga menjelaskan terkait fitur alih bahasa yang tersedia sehingga dapat memudahkan wisatawan asing yang ingin berkunjung, serta fungsi website yang dapat digunakan sebagai penghubung ke konsumen. “Keberadaan website ini tentunya akan menjadi penghubung antara konsumen yang berada di luar pulau dengan penenun kita disini." Jelas Hidayatullah.


Penyerahan bibit buah Oleh KKN Tematik Unram Pulau Maringkik 2

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bibit buah kepada pihak desa dan masyarakat desa Maringkik. “Harapannya untuk menjaga ekosistem yang hijau, teman – teman KKN menyerahkan sekitar 300 bibit buah kepada pihak desa.” Ungkap Martoni Ira Malik selaku ketua kelompok KKN Tematik Pulau Maringkik 2 Unram.


Bibit – bibit tersebut terdiri dari beberapa jenis buah – buahan, diantaranya seperti buah Matoa, Alpukat, Rambutan, Kelengkeng, serta Sirsak. “Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan respon masyarakat juga sangat baik serta mendukung kegiatan ini, kami sangat berterima kasih.” Pungkasnya. (ali) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar