PG-SD FKIP Gelar Webinar Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Dasar - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 18 November 2023

PG-SD FKIP Gelar Webinar Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Dasar

 (Sumber: Pena Kampus)


Mataram, Pena Kampus – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menggelar acara Webinar Nasional dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Dasar” (18/11/23).


Webinar ini digelar dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait implementasi kurikulum merdeka kepada peserta khusunya mahasiswa Prodi PGSD. Hal ini disampaikan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) PGSD, Dr. Siti Istiningsih, Ia berharap akan ada peningkatan yang lebih baik bagi mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unram dalam memahami penerapan dari kurikulum merdeka, "sehingga dapat mewujudkan diri menjadi pendidik yang berkualitas.” Ungkapnya.


Adapun pemateri pertama dalam acara ini, Yuda Purwaka, selaku perwakilan dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Nusa Tenggara Barat (NTB)  menyampaikan enam strategi atau dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Di mana Guru dan Kepala Sekolah harus bisa belajar mandiri melalui platform yang disediakan. "Di sana guru dapat belajar mandiri melalui platform Merdeka Mengajar, mengikuti seri webinar, bergabung dalam komunitas belajar, belajar praktik melalui narasumber, memanfaatkan pusat layanan bantuan (helpdesk) untuk mendapatkan informasi lebih, dan bekerja sama dengan mitra pembangunan untuk implementasi Kurikulum Merdeka," jelasnya.


Yuda Purwaka juga menambahkan terkait penerapan kurikulum merdeka yang menekankan profil pelajar Pancasila, "itu dapat memberi peluang bagi semua pelajar Indonesia untuk menjadi pelajar sepanjang hayat dan merdeka dalam berpikir," lanjutnya.


Acara webinar ini menarik banyak peminat dan respon positif dari kalangan mahasiswa. Seperti yang disampaikan oleh Baiq Mairunnisa, salah satu mahasiswa semester tiga Prodi PGSD. Ia merasa webinar ini sangat bermanfaat khususnya bagi anak PGSD, ia berharap sebagai calon guru setelah mengikuti webinar dapat melaksanakan kurikulum Merdeka dengan baik, "penerapannya sesuai dari mandiri belajar lalu mandiri berubah hingga mandiri berbagi," harapnya.


Webinar ini digelar pada tanggal 16 November 2023, bertempat di gedung A lantai 3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram, dari pukul 07.30 sampai 13.00. Jumlah peserta yang hadir lebih dari 60 mahasiswa, dan acara webinar ini diakhiri dengan sesi foto bersama. (run, umi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar