HIMATIKA Memilih! - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Jumat, 27 September 2013

HIMATIKA Memilih!

Selasa (4/6)- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMATIKA) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua HIMATIKA periode 2013-2014. Pemilihan berlokasi di berugak belakang Gedung A FKIP Unram. Ada dua mahasiswa HIMATIKA yang mencalonkan diri, yakni: Deni Harianto dari semester IV dan Muhammad Syahroni dari semester II.
 Persiapan acara Pemilihan Ketua HIMATIKA berlangsung selama dua minggu. Ada pun tema Pemilu HIMATIKA tahun ini adalah, Menuju Kepemimpinan HIMATIKA yang INTEGRAL (Berintegrasi, Responsif, dan Loyal). Acara pemilihan ini dirangkaikan dengan Rapat Umum (Rapum) yang dilaksanakan pada Kamis (6/6) di Aula Gedung A FKIP Unram.
Menurut Ketua HIMATIKA periode 2012/2013, Andri Jaya, persiapan pemilu tahun ini terasa lebih baik daripada tahun lalu. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa Pendidikan Matematika yang berminat menjadi panitia, terutama mahasiswa angkatan 2012. Selain itu, sebelum pemilu dimulai, beberapa hari sebelumnya HIMATIKA mengadakan Diskusi Terbuka pada Selasa (28/5) sehingga para mahasiswa Pendidikan Matematika mengetahui bagaimana visi dan misi kedua calon tersebut.
Andri Jaya pun mengatakan, “Kedua calon Ketua HIMATIKA periode 2013/2014 mempunyai keunggulan masing-masing. Siapa pun yang terpilih menjadi ketua, saya berharap mereka bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka bicarakan saat kampanye.”
Berdasarkan AD/ART yang dimiliki HIMATIKA, sistem Pemilu yang digunakan adalah sistem voting. Namun, Andri Jaya kembali menjelaskan bahwa akan lebih efektif jika kita menggunakan sistem musyawarah. “Lebih baik menggunakan sistem musyawarah karena jika menggunakan sistem Pemilu ditakutkan akan mengakibatkan kesenjangan diantara kedua calon, jika salah satu calon yang terpilih.”
Mahasiswa Pendidikan Matematika yang ikut memilih sebanyak 182 orang. Angka ini jauh dari jumlah keseluruhan mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unram. Menurut salah seorang panitia yang tidak ingin disebutkan namanya, kedua calon tidak  berkesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka kepada seluruh Mahasiswa Pendidikan Matematika. “Kurangnya koordinasi panitia, kandidat calon ketua, dan pemilih mengakibatkan kedua calon tersebut tidak berkesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka, mereka hanya menyampaikannya pada diskusi terbuka kemarin,” ungkapnya.

Dari hasil perhitungan suara, Deni Harianto unggul 2 suara dari Muhammad Syahroni. Deni Harianto mendapat 79 suara sedangkan Muhammad Syahroni mendapat 77 suara. Terdapat pula enam suara batal. Dengan demikian, Deni Harianto terpilih menjadi ketua HIMATIKA periode 2013/2014. Harapan dari mahasiswa Pendidikan Matematika ialah ketua terpilih dapat menjalankan amanah serta mewujudkan visi-misinya. (Eva/Upa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar