Sewa Mahal, Fotokopian Ditutup - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 01 November 2014

Sewa Mahal, Fotokopian Ditutup

Mataram (Pena Kampus) – mahasiswa  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) kesulitan memenuhi kebutuhan alat tulis karena fotokopian yang biasanya memenuhi tunjangan perkuliahan seperti photocopy dan perlengkapan ATK mahasiswa telah tutup dikarenakan pihak fakultas telah menaikkan harga sewa tempat.
Saat dikonfirmasi, pemilik fotokopian membenarkan bahwa penutupan usaha fotokopian karena sudah tidak sanggup membayar sewa yang terlalu tinggi.  “Pihak fakultas menaikkan harga sewa tempat untuk tahun ini sebesar 27 juta per tahun. Kami tidak mampu membayar sewa yang terlalu tinggi itu karena keuntungan dari usaha fotokopian ini tidak seberapa,jelas Bing, pemilik usaha fotokopian.

Bing terpaksa angkat kaki dari FKIP dan kini beralih ke Fakultas Ekonomi. Ia menjelaskan,Saya tidak mau usaha saya gulung tikar akibat kemahalan sewa tempat, akhirnya kami terpaksa pindah ke fakultas ekonomi yang sewanya lebih murah sebesar 10 juta.”
“Fotokopian lama berhenti karena habis masa kontrak bulan Agustus kemarin,” ujar Hariyanto selaku Kabbag Perlengkapan FKIP Unram. “Pihak fotokopian tidak memperpanjang kontrak, karena tidak sanggup membayar sewa yang sekarang,” lanjutnya.
Sewa lokalnya naik dan sistem kontrak sewanya berbeda dengan dulu. Di mana dulu sistem kontraknya ialah 3 lokal dengan biaya 25 juta per tahun sedangkan sekarang biaya sewa sekitar 25 juta untuk 1 lokal. Tapi itu belum pasti karena belum dibuat dan masih dalam tahap negosisasi antara pihak birokrasi dan pemilik usaha. Dan sekarang sudah penggantinya atas nama Pak Suarji yang akan menggantikan Pak Bing.
Kejadian ini tentu membuat para mahasiswa merasa sedikit terganggu, “Mahasiswa merasa kesulitan memperoleh kebutuhan ATK dan fasilitas photocopy. Dengan terpaksa mahasiswa membeli perlengkapan tersebut di luar kampus dan itu cukup menyita waktu kuliah”, ujar Roby, salah satu mahasiswa FKIP UNRAM.

(mia,dka,aya,rhm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar