Pentas Refleksi II Teater Putih: “Biar semua nggota TP multi talent” - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 09 Mei 2015

Pentas Refleksi II Teater Putih: “Biar semua nggota TP multi talent”


Mataram—Pena Kampus. 7 s.d. 9 Mei 2015 Arena Budaya (Arbud) diramaikan oleh Pentas Refleksi II Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Teater Putih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram  (FKIP Unram). Program kerja tahunan ini, yang semula diadakan pada 14 s.d. 16 Mei 2015, terpaksa dimajukan oleh panitia karena bersamaan dengan acara dari pihak rektorat.
Ditemui di Arbud, Ketua Umum TP Hirdyantara, mengatakan bahwa pentas ini adalah program kerja inti di setiap kepengurusannya. Ia juga menjelaskan teater adalah seni yang kompleks. Meliputi musik, tari tradisional dan modern yang dikreasikan, monolog, pantomim, dan sebagainya. “Biar semua nggota TP multi talent, jadi mereka bisa pilih bidang atau  bakat apa yang mereka sukai dan akan mereka dalami.”
Menilik pentas refleksi yang diadakan dua kali, mahasiswa yang akrab disapa Yayan ini bercerita tentang alasan pengadaan pentas sebanyak dua kali. Pentas Refleksi I diperuntukkan untuk anggota baru dengan hanya menjadikan drama. Tujuan khususnya untuk mengenal dan memperdalam organisasi teater yang mereka geluti. Untuk Pentas Refleksi II, seluruh anggota boleh terlibat guna mengasah bakatnya; lalu dipentaskan.
Saat disinggung tentang dana kegiatan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) ini terkekeh dan mengatakan, “Kalau ada dana (Iuran Orangtua Mahasiswa) IOMA, saya pake dana itu.” Sehingga dana yang digunakan ialah murni berasal dari kas TP.
Drama

Drama

Monolog

Monolog

Puisi

Puisi

Tari

Tari

Pentas Refleksi II ini memakan waktu tiga bulan—tiga kali seminggu—proses latihan. Namun sebulan sebelum pementasan, latihan ditingkatkan menjadi setiap malam. “Pernah kita dikira pengganggu karena latihan malam. Terutama saat latihan vocal. Diingatkan karena terlalu ribut, akhirnya latihannya lari ke lapangan Unram,” kenang Yayan saat ditanya bagaimana proses latihan yang dilalui. Sebagai bocoran informasi, ia membisikkan bahwa salah satu pementasan dalam Pentas Refleksi II ini akan dibawakan kembali di TP Goes To School pada 21 s.d. 30 Mei mendatang. (ild)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar