Sekretariat UKM FKIP Unram Dirusak oleh Orang Tidak Dikenal - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Senin, 11 Mei 2015

Sekretariat UKM FKIP Unram Dirusak oleh Orang Tidak Dikenal

Pengerusakan sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan FKIP Unram Minggu 10/5, berupa pemecahan kaca jendela sekretariat dan mading serta pengrusakan pagar seng,  hingga kini masih menjadi misteri tersendiri. Tidak ada satupun sumber keterangan yang didapatkan Pena Kampus tentang siapa pelakunya dan apa motifnya. Padahal kemanan di Universitas Mataram super ketat dan sampai berita ini diturunkan, tim penyidik dari pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikannya di lokasi kejadian.
Pengerusakan UKM ini baru diketahui pada Minggu pagi, setelah beberapa mahasiswa ingin masuk ke ruangan sekretariat masing-masing dan menemukan belahan kaca jendela di setiap sekretariat UKM berserakan. Kejadian ini sontak langsung menggegerkan masyarakat kampus, tak terkecuali pihak dekanat dan rektorat.
Sekretariat UKMF Musik
Sekretariat LPM Pena Kampus source
Mading LPM Pena Kampus source
Drs. Novi, MSi., selaku Wakil Dekan III, pada Minggu pagi langsung meninjau kondisi di tempat kejadian yakni komplek secretariat UKM yang berada tepat di belakang gedung utama perkuliahan. Menurutnya, pengerusakan ini akan ditindaklanjuti ke penegak hukum untuk mendapatkan kepastian siapa dan apa motif pelakunya sehingga sampai melakukan pengerusakan seluruh kaca jendela UKM.
Sedangkan Muhammad Faruk, selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Mataram yang juga langsung menininjau keadaan di lokasi kejadian, mengatakan ini jelas bukan perbuatan pihak kampus, namun perbuatan mahasiswa. “Ini pasti perbuatan kalian, pelakunya pasti dari salah satu di antara kalian yang sengaja untuk memprovokasi mahasiswa. Saya harapkan kalian (mahasiswa, Red) tetap tenang dulu, jangan ada yang mengambil tindakan," terangnya pada mahasiswa saat melihat kondisi kejadian di lapangan.
Secara terpisah, beberapa mahasiswa yang aktif di organisasi mahasiswa justru sangat heran dengan kejadian ini. Sebagaimana diungkapkan oleh Ikrom Mukaddim selaku ketua UKM Olahraga. Menurutnya, kejadian ini berlangsung saat kondisi sekretariat sedang dalam keadaan kosong karena semua UKM sedang ada kegiatan di tempat lain. “Tapi, yang menjadi keheran kami, kok sampai tidak ada satupun satpam yang tahu kejadian ini, padahal suara pemecahan kaca jendela dan pengerusakan beberapa pagar seng yang ada di depan sekretariat pasti akan terdengar besar suaranya, Ini sangat aneh menurut saya,” katanya saat ditemui di sekretariatnya.
Pihak satpam selaku penanggung jawab keamanan di lingkungan FKIP juga tidak tahu pasti kejadiannya. Menurut Ramdhan, salah satu satpam di FKIP, mengaku tidak bisa mengontrol keamanan dengam maksimal karena keterbatasan personil. “Bayangkan, kami harus mengontrol kampus yang begini luasnya hanya dengan satu orang. Untuk itu kami mengajak temaan-teman mahasiswa untuk bekerja sama membantu menjaga kemanan kampus kita.” Ramdhan pun menambahkan, "Sebenarnya kami sudah minta pada pihak kampus untuk penambahan personil, akan tetapi sampai hari ini belum ditanggapi dengan serius. Pas ada kejadian seperti ini, terang kami saja yang disalahkan, sampai kami ditanya sama Wakil Dekan II, jika memang tidak siap, biar kami ganti saja sama orang lain.” 

Akan tetapi dari beberapa sumber yang dihimpun,  didapati bahwa saat kejadian ada salah satu UKM yang sedang berkegiatan pada malam kejadian (10/5) yakni MT Al-Kahfi. Akan tetapi saat ditanya mengeni insiden ini, tak ada satupun yang mengetahui dengan pasti saat kejadian, mereka hanya mengaku sempat mendengar suara kaca yang pecah, namun tak dihiraukan karena sedang ada kegiatan. (and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar