OSPEK, Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Rabu, 12 Agustus 2015

OSPEK, Pembentukan Karakter Mahasiswa Baru

Mataram, Pena Kampus – Masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) di Universitas Mataram terbagi menjadi tiga golongan berdasarkan kelulusan jalur masuk, yakni mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN mulai hari ini (11/8), mahasiswa jalur SBMPTN, dan mahasiswa jalur mandiri. Pelaksanaan OSPEK ini dibedakan akibat lonjakan mahasiswa yang diterima tahun ini hampir mencapai 6000-an mahasiswa. Di mana jumlah yang diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 1400-an mahasiswa, jalur SBMPTN sebanyak 1600-an mahasiswa, dan jalur mandiri sebanyak 2500-an mahasiswa.

“Penyelenggaraan OSPEK Universitas ini dilaksanakan selama 2 hari, di mana hari pertama lebih kepada pengenalan bagaimana univeritas secara umum dan di hari kedua yakni kegiatan mentoring sebagai penggalian karakter mahasiswa,” tutur WD III Fakultas Ekonomi selaku salah satu panitia pelaksana. Selanjutnya untuk yang non-Muslim acara di hari kedua juga sama yakni mentoring, di mana waktunya bersamaan dengan seluruh gelombang dikarenakan jumlahnya tidak sebanyak yang Muslim.
Dalam implementasinya ternyata tidak sedikit mahasiswa yang merasa bosan karena kegiatan yang katanya hanya sekedar duduk mendengar ceramah dari pagi hingga sore hari di hari pertama masa ospek. Ilmi dan Ana mahasiswi baru prodi Matematika dan Fisika menuturkan, “OSPEK ndak melelahkan tapi dia ngebosenin. Hari pertama kerjaannya duduk dari pagi sampai siang, istirahat satu jam setengah, duduk lagi. Tapi di hari kedua ada-lah kegiatannya kayak ngaji dan solat.”
kegiatan mentoring; membaca Al-Qur'an
kegiatan mentoring; praktek sholat
Seperti yang dituturkan oleh salah seorang mentor, Kamila Wirdiati, mengatakan bahwa aspek pengujian dan penilaian ada dua; sholat yakni tuma’ninah dan bacaan Al-Qur’an dengan tajwiddan makhrijul huruf. Penyelenggaraan kegiatan mentoring dilakukan di empat tempat yakni, Auditorum Yusuf Abu Bakar, Masjid Babul Hikmah, Arena Busaya Unram, dan Gedung Serbaguna. Hal demikian agar memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan. (aji/ros/tin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar