Tes PPL Solusi Perbaikan Mutu Calon Tenaga Pendidik - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 08 Agustus 2015

Tes PPL Solusi Perbaikan Mutu Calon Tenaga Pendidik

Mataram, Pena Kampus – Program Pengalaman Lapangan (PPL) setiap semester bisa menembus angka ratusan orang perangkatan. Pelepasan PPL (8/8) kali ini menembus angka 566 orang yang lulus dan 44 orang tidak lulus tes yang tersebar di 108 Sekolah, dimulai dari kota Mataram, Lombok Barat hingga ke bagian Lembar. Acara pelepasan mahasiswa PPL FKIP UNRAM berlangsung cukup khidmat walaupun beberapa mahasiswa terlihat datang terlambat. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor I, Dekan FKIP beserta jajarannya.
Mahasiswa yang mengikuti acara pelepasan PPL ini telah mencapai persyaratan kelayakan mengikuti PPL yang mencakup 4 SKS dengan tahap terakhir yaitu tes tulis. Ini adalah kedua kalinya kampus FKIP UNRAM mengadakan tes tulis yang bertujuan untuk menguji kompetensi calon mahasiswa PPL yang berkaitan dengan manajemen sekolah, kurikulum, dan etika. Tes ini diharapkan mampu memperbaiki kualitas mahasiswa yang mengikuti PPL terutama dalam hal kesiapan terjun ke lapangan. Terbukti hal ini membawa dampak positif yakni berkurangnya pengaduan mahasiswa maupun pihak sekolah selama berlangsungnya kegiatan PPL.
“Sesuai dengan hasil monitoring pada mahasiswa yang sudah melakukan PPL, dengan adanya tes tersebut memiliki dampak positif, mahasiswa menjadi lebih serius melaksanakan PPL kemudian lebih siap,” ungkap D. Setiadi selaku Ketua Pelaksana PPL ketika ditemui setelah upacara pelepasan.
Pendapat serupa disampaikan oleh Baik Nilawati Astini selaku pemateri pada pembekalan PPL. Menurutnya tes PPL ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa walaupun di sisi lain beberapa mahasiswa tidak setuju dengan adanya tes tersebut, seperti yang diungkapkan Adah, salah seorang mahasiswi program studi PPKn, “Tes PPL tidak perlu diadakan, cukup diberikan pembekalan saja karena ilmu yang sudah kita tempa selama tiga tahun jadi tidak ada artinya karena adanya tes PPL.” (ros/aji/ha/tin)

1 komentar: