Seminar Kebangsaan oleh HMPS PPKn FKIP Unram : MESKI RUANGAN SEMPIT, PEMATERI TETAP FRIENDLY - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Kamis, 26 November 2015

Seminar Kebangsaan oleh HMPS PPKn FKIP Unram : MESKI RUANGAN SEMPIT, PEMATERI TETAP FRIENDLY





Mataram, (Pena Kampus)—Seminar kebangsaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (HMPS PPKn FKIP Unram), Kamis (26/11) berlangsung khidmat. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dalam rangka Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda.  
            Acara bertemakan “Membangkitkan Nasionalisme Generasi Muda Berkarakter sebagai Pelopor Semangat Kebangsaan dalam Rangka Keutuhan NKRI” ini dihadiri oleh Wakil Dekan (WD) III FKIP Unram Ni Made Novi suryanti dan Kepala Program Studi (Kaprodi) HMPS PPKn Muhammad Ismail. Hadir pula Wakil Rektor (WR) III Unram, M. Natsir, yang sekaligus diundang sebagai pembicara.
Diikuti oleh sekitar 120 orang, mahasiswa program studi (Prodi) PPKn mendominasi kursi peserta seminar. Lalu disusul oleh para siswa sekolah menengah atas (SMA) se-kota Mataram, serta beberapa perwakilan dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) FKIP Unram.
            Dengan menghadirkan sekurangnya tiga pemateri yang berasal dari Fakultas Hukum Unram yakni WR III Unram, Pengadilan Tinggi Kota Mataram, serta dosen Prodi PPKn, diharapkan seminar ini mampu mengembangkan rasa nasionalisme. Diungkapkan oleh salah satu pemateri, Mumrita Sulaimi, ketika ditemui usai menyampaikan materi, “Acara ini sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter, mengingat kegiatan-kegiatan yang berlangsung di kampus lebih menekankan pada kegiatan akademik. Bila perlu kegiatan seperti ini dilakukan setahun sekali oleh semua Prodi,” ujar dosen Prodi PPKn ini.
            Diselenggarkan di Gedung Serbaguna UPT Perpustakan Unram, acara ini berlangsung sekitar lima jam. Mulai dari seminar sebagai acara inti, kemudian dirangkaikan dengan hiburan. Termasuk salah satunya adalah menyanyikan lagu mars PPKn terbaru yang dibawakan oleh salah satu mahasiswa prodi PPKn.

Belum Dapat Dana POM
Disinggung masalah dana penyelenggaraan, Ketua Panitia, Alif Abdurahman As’ad Al Muzaki, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara ini tidak mendapat dana dari pihak kampus dikarenakan dana perkumpulan orangtua mahasiswa (POM) belum dicairkan.
            Namun, terlepas dari hal tersebut, acara seminar kebangsaan ini dianggap sebagai suatu bentuk adanya kepedulian terhadap tergerusnya karakter bangsa. Setidaknya pernyataan inilah yang disampaikan oleh setiap pemateri dalam beberapa kali sesi tanya-jawab. Selain itu, seminar ini juga membuka wawasan baru. Terkhusus bagi salah seorang peserta asal SMAN 3 Mataram, Syarifa. ”Acaranya bagus, narasumbernya friendly, kita banyak dapet ilmu baru dan juga pelayanan panitianya bagus,” ungkapnya ketika ditemui seusai acara.
            Di akhir acara panitia seminar membagikan angket kepada peserta sebagai bentuk evaluasi bagi panitia. Selenting, dari beberapa peserta mengungkapankan ketidakpuasannya terhadap ruangan seminar yang agak sempit dan panas. (Ros)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar