Adakan Workshop, IKA FKIP Akan Terbitkan Majalah - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Selasa, 26 Maret 2019

Adakan Workshop, IKA FKIP Akan Terbitkan Majalah



Pembukaan acara workshop Jurnalistik dan Manajemen Media Cetak dan Sosial yang diselenggarakan oleh IKA FKIP bekerja sama dengan AP Foundation

Mataram, Pena Kampus– Ikatan Alumni (IKA) FKIP Unram mengadakan workshop Jurnalistik dan manajemen media cetak dan sosial, bekerjasama dengan AP Foundation. Bertempat di ruang sidang II gedung A FKIP Unram, kegiatan ini dihadiri lebih dari 30 orang yang terdiri dari anggota IKA FKIP dan mahasiswa Aktif pada Sabtu (23/3).
Narasumber pada kegiatan workshop ini adalah Adi Pranajaya yang merupakan alumni FKIP unram angkatan 82. Adi merupakan seorang produser sekaligus pemimpin dari AP Foundation. Kegiatan ini turut serta dihadiri oleh Dekan, ketua IKA FKIP, dan beberapa dosen lainnya.
Dalam kesempatan ini, Adi membagi pengetahuan terkait dengan bentuk naskah berita majalah dan naskah berita youtube, dan mengajak seluruh peserta workshop untuk aktif dalam membuat video berita kampus yang ditujukan untuk diinformasikan melalui media youtube. Out put dari workshop ini adalah peserta memahami apa itu media cetak dan media sosial dan bagaimana mendesain dan memproduksi media cetak dan media sosial
Selama kegiatan, antusiasme peserta cukup tinggi. Ini terlihat dari semua peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir dan mampu menyelesaikan praktik membuat serta editing video dalam waktu 45 menit dengan masing-masing kelompok, yang sebelumnya telah diatur oleh moderator.
Selain melakukan pelatihan, peserta juga diberikan tugas untuk membuat berbagai macam tulisan seperti opini, artikel, cerpen, atau puisi lalu mengirimkannya ke email IKA FKIP Unram. Hal ini ditujukan untuk membentuk bank naskah, di mana tulisan yang terkumpul akan diseleksi dan diterbitkan pada penerbitan majalah yang akan diterbitkan dalam beberapa bulan sekali. Namun, sebelum itu, akan dilakukan beberapa pertemuan lagi untuk terus melatih peserta, sekaligus melihat kemampuan di bidang apa saja. Selain pelatihan, akan dibentuk tim untuk persiapan penerbitan majalah Alumni FKIP Unram.
“Saya pribadi masih belum tahu potensi dan kemampuan peserta yang jumlahnya sekitar 30 orang ini. Maka dari itu, diperlukan adanya tugas-tugas yang dibuat oleh teman-teman (red: peserta) untuk dikirim ke email, supaya saya tahu potensi, khususnya karya tulis mereka,” tutur Adi ketika diwawancarai usai kegiatan.
Adi mengharapkan, dari pelaksanaan pelatihan ini dan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya, IKA FKIP mampu untuk menerbitkan majalah Alumni FKIP Unram yang direncanakan akan terbit pada dies natalies FKIP Unram pada Oktober mendatang.
“Harapannya, edisi perdana terbit pada bulan Oktober, bersamaan dengan dies natalis FKIP,” ucap Adi menambahkan.
(ida,ri,adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar