Yudisium: Dekan FKIP Unram Harapkan Mahasiswa Bisa Mandiri - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Senin, 18 Maret 2019

Yudisium: Dekan FKIP Unram Harapkan Mahasiswa Bisa Mandiri

     Foto bersama usai acara yudisium periode Maret di aula gedung A FKIP Unram
Mataram, Pena Kampus – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) kukuhkan 60 mahasiswa pada yudisium periode Maret 2019, tampak  wajah ceria mahasiswa yang mendapatkan prestasi dengan Indeks Predikat (IP) terbaik saat sesi foto bersama, acara tersebut berlangsung di Aula Gedung A FKIP Unram pada, Jumat (15/03/2019).  
     FKIP Unram kembali menggelar acara yudisium untuk periode Maret 2019,  Pelaksanaan yudisium dapat dilaksanakan setelah adanya surat keputusan dari Dekan FKIP Unram Nomor. 1067/UN18.F5/HK/2019 tentang yudisium periode bulan Maret, mahasiswa program sarjana tahun akademik 2018 /2019.  sebelumnya acara yudisium digelar pada bulan Januari lalu dengan jumlah peserta yudisium yaitu 194 mahasiswa. Dari daftar peserta mahasiswa yudisium pada periode ketiga Maret tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (PM) paling banyak yang dikukuhkan yaitu berjumlah 16 orang, kemudian diikuti oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yaitu sebanyak 15 orang. Total keseluruhan daftar mahasiswa yang diyudisium pada periode Maret tersebut yaitu berjumlah 60 orang. Mahasiswa yang dikukuhkan pada periode Januari dan Maret, akan diwisuda pada 28 Maret mendatang. 
     Prosesi yudisium calon wisudawan-wisudawati mahasiswa FKIP Unram tersebut diawali oleh sambutan Dekan FKIP Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc.. Pada sambutannya, Wahab menghimbau kepada mahasiswa peserta yudisium untuk bisa menerapkan ilmu yang telah  didapatkan selama duduk dibangku kuliah. Wahab juga menyarankan kepada mahasiswa lulusan FKIP Unram untuk selalu siap menjadi calon pendidik yang profesional dan mandiri sesuai dengan kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi profesional. “Saya berharap kepada kalian, harus bisa menjadi generasi yang mandiri, menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan kompetensi guru, walaupun tidak semuanya nanti menjadi guru atau tenaga pendidik, jadilah makhluk yang mandiri dan bersosial, jangan menjadi makhluk yang menyendiri”, kata Wahab saat menyampaikan sambutan.
     Pada kesempatan itu juga, Dekan FKIP Unram memberikan sertifikat kepada mahasiswa yudisium penyandang IP terbaik, yaitu Khairiah Mutia mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan IP 3,74. Khairiah selaku mahasiswa penyandang IP terbaik pada yudisium periode Maret menyampaikan, “semoga kami bisa menjadi pribadi yang baik, sukses, serta dapat memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara”, ujarnya saat memberikan kesan dan pesan. Selain itu, Fahmi Husain mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi (PB) menyampaikan kesan, bahwa, “ saya berharap kedepannya, ini tidak menjadi akhir, ini bisa menjadi awal untuk lebih dapat berkarya lagi. Kalau kita lihat ke depan, kita yang sudah yudisium ini, harus bekerja keras. Karena sangat sulit, untuk mandiri, namun bagaimanapun juga, itu menjadi realita yang harus dihadapi, sehingga nantinya, harus lebih kreatif lagi ke depan dan lebih mandiri”, ungkapnya saat diwawancarai pena kampus. (di)











1 komentar: