Polemik Kebijakan Fakultas - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 07 Agustus 2021

Polemik Kebijakan Fakultas

(Ketua Ormawa se-FKIP Unram berdiskusi dengan Wadek III) 


Mataram, Pena Kampus - Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) mengadakan Diskusi Bersama dengan Wakil Dekan (WD III), Bidang Kemahasiswaan dan Alumni terkait Gedung Sekretariat Ormawa.


Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FKIP mengeluhkan kebijakan Wadek III terkait ditutupnya gedung sekretariat akibat PPKM. "Saya tidak dapat berkegiatan apapun karena kampus ditutup terus," ujar Muhlas dalam pesan whatsapp di grup Ormawa FKIP (04/08/21).


Pasalnya, dalam Surat Edaran (SE) Rektor Unram terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lingkungan Unram, berakhir hingga tanggal 20 Juli 2021 lalu. Akan tetapi, hingga saat ini gedung sekretariat Ormawa FKIP masih ditutup.


Berbeda halnya dengan kegiatan Ormawa di tingkat Universitas, Sultan selaku Ketua Umum Penalaran dan Riset Ilmiah Mahasiswa (PRIMA) mengatakan bahwa gedung sekretariat dibuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).”Sekretariat tetap dibuka, batasnya sampai jam 10 malam, dan tetap patuhi prokes saja”, jawabnya dalam pesan singkat via whatsapp (06/08/2021).


Kebijakan ini merupakan hasil diskusi antara Ormawa Universitas dengan Enny Yuliani selaku Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. “Kemarin ada diskusi dan ada semacam kesepakatan antara Ormawa dan WR III,” lanjut Sultan.


Timpangnya kebijakan PPKM membuat Ormawa FKIP bingung dengan kebijakan yang berlaku di Fakultas. “Aturan yang dipakai sama Universitas sebenarnya yang mana, Fakultas juga aturan yang mana?,” tanya Yudistira selaku Ketua BEM FKIP.


Gito Hadiprayitno selaku Wadek III menjelaskan bahwa terbitnya kebijakan terkait penutupan gedung sekretariat karena, kekhawatiran akan jumlah penyebaran pasien positif Covid-19 di lingkungan FKIP. “Nah, ini yang membedakan kita dengan fakultas lain,” jelasnya yang ditemui dalam diskusi (05/08/2021).


Menyikapi hal ini Gito yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Covid-19 FKIP, memberikan solusi kepada Ormawa untuk membuat surat permohonan dibukanya kembali gedung sekretariat. Surat permohonan ini diajukan untuk mendapatkan persetujuan oleh tim Satgas Covid-19 FKIP. “Lebih baik bersurat saja, nanti kita bahas bersama tim Satgas Covid-19,” tegas Gito dalam diskusi. (ica/mar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar