Lokakarya untuk Ormawa, Program Kerja Tembus Simkatmawa - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Jumat, 18 Februari 2022

Lokakarya untuk Ormawa, Program Kerja Tembus Simkatmawa

Kegiatan Lokakarya bertempat di Gedung D FKIP unram


Mataram, LPM Pena Kampus – Birokrat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Lokakarya untuk seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) guna mendukung pencapaian Simkatmawa. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (14/02) di Aula Gedung D ini berjalan kurang maksimal karena beberapa Ormawa tidak melanjutkan kegiatan hingga usai.

    

Lokakarya merupakan kegiatan rutin yang ditujukan untuk seluruh Ormawa FKIP Unram sebagai wadah pelatihan penyusunan program kerja untuk mendukung pencapaian Sistem Informasi Managemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang mampu meningkatkan pencapaian prestasi dari kinerja program yang telah disusun oleh Ormawa “program kerja ormawa 2022 yg mengacu pada simkatmawa, IKU PT dan peningkatan akreditasi prodi,” ujar Gito Hadipayitno, selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, saat dihubungi melalui pedat singkat WhatsApp.


Kegiatan tersebut terlaksana secara tatap muka dan melalui dalam jaringan (Daring); peserta yang mengikuti kegiatan secara tatap muka bertempat di Gedung D ruangan 303. Sedangkan, pelaksanaan secara daring dilangsungkan melalui sambungan Zoom Meeting oleh tim pelaksana, yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM) yang telah diberikan mandat oleh Birokrat FKIP. Acara ini mengusung tema “Kreasi Program Kerja Kreatif, Menuju Ormawa yang Produktif” dihadiri sekaligus dibuka oleh Wahab Jufri, selaku Dekan FKIP.


Lokakarya tahun ini merupakan lanjutan dari kegiatan Latihan Keterampilan Managemen Mahasiswa (LKMM), namun pelaksanaannya terpisah, berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan ini (lokakarya) menitikberatkan pada tujuan dan hasil yang akan didapatkan oleh seluruh ormawa yang tergabung di dalamnya. "Lokakarya terfokus pada pemberian materi dan praktik penyusunan program kerja Oleh WD II dan WD III," jelas Andiman, selaku ketua penyelenggara sekaligus ketua DPM FKIP. 


Selain tujuan yang diharapkan bisa tercapai dengan baik, Wahab Jufri, selaku Dekan FKIP juga turut memberikan gubahan semangat kepada seluruh peserta kegiatan guna tetap menjalin kerjasama dan koordinasi antar ormawa, sehingga pelaksanaan program kerja ormawa bisa terlaksana dengan baik pula “yang di programkan itu betul-betul hasil pembahasan yang serius gitu dari Ormawanya masing-masing, lahir dengan jalan musyawarah mufakat di masing-masing Ormawa” ujarnya. Tidak sampai di sana, peserta juga dibekali dengan materi-materi yang bermanfaat dari Wakil Dekan (WD) II an III. Penyusunan Program Kerja yang disampaikan oleh WD III, dan Pengelolaan Keuangan  Ormawa yang disampaikan oleh WD II.


Kegiatan ini pun tidak terlepas dari kendala seperti pada umumnya, terdapat beberapa kegiatan yang keluar dari poros susunan acara yang telah dibuat. "Kendalanya adalah peserta ngaret, sehingga Rundown acara tidak berjalan semestinya," ujar Andiman. Selain itu, beberapa ormawa juga tidak mengikuti kegiatan hingga tuntas pada hari kedua, "pada hari kedua tidak maksimal karena peserta lokakarya banyak yang tidak melanjutkan mengikuti acara," tambahnya melalui kiriman WhatsApp.


Terlepas dari kendala tersebut, tidak memupuskan harapan Andiman setelah terlaksananya kegiatan ini “semoga semua  proker yang diusulkan oleh para peserta ini bisa diterima langsung oleh pihak birokrasi dan tidak ada penolakan lagi seperti tahun-tahun sebelumnya untuk proker tersebut. Semoga ketua dan Badan Pengurus Harian (BPH) ini menyusun proker yang memang sesuai dengan kebutuhan ormawa itu sendiri," ungkapnya (14/02). (Tin/Ren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar