Meningkatnya Kebutuhan Darah, Mapala FKIP Unram Gelar Aksi Donor Darah - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Selasa, 11 Oktober 2022

Meningkatnya Kebutuhan Darah, Mapala FKIP Unram Gelar Aksi Donor Darah

Sumber: Tim pena kampus 

Mataram, Pena Kampus – Mapala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) menggelar aksi Donor Darah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Karang Jangkong Lombok Barat pada Selasa, 11 Oktober 2022.


Acara yang digelar dari Jam 09.00 – 12.00 WITA, di Aula Terbuka Gedung D FKIP Unram tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Dies Natalis Mapala yang ke-35, “tanggal 10 kemarin hari ulang tahun Mapala FKIP Unram kemudian kami mengadakan pengabdian seperti Donor Darah ini," terang Adam selaku Ketua Umum Mapala FKIP Unram (11/10). Adam juga menambahkan bahwa banyaknya kebutuhan akan darah saat ini, menjadi tujuan utama diadakannya kegiatan tesebut, “terutama orang-orang yang membutuhkan darah semakin meningkat belakangan ini.”


Sejalan dengan pernyataan di atas, Putu Suryandri salah satu tenaga medis dari Unit Donor Darah PMI Karang Jangkong, mengungkapkan terkait fakta minimnya pendonor di saat banyaknya orang yang membutuhkan darah. “Pada kenyataannya itu yang donor ini lebih sedikit dari orang yang membutuhkan darah,” jelasnya (11/10).


Putu juga menambahkan terkait syarat pendonor secara umum. Sebagai berikut, berat badan minimal 50 kg, umur minimal 17 tahun, untuk perempuan sedang tidak menstruasi, hamil, atau menyusui.


Sebagai pendonor, Ozi mahasiswa D3 Perpajakan mengungkapkan bahwa, selain bentuk kemanusiaan, tujuan ia mengikuti aksi tersebut agar menjadi lebih sehat, "Biar lebih sehat lagi, donor itukan fungsinya biar lebih sehat." Ozi juga menambahkan harapannya bahwa, aksi Donor Darah ini nantinya bisa digelar oleh universitas langsung untuk umum, "harapan, donor darah ni bukan hanya di lingkungan FKIP ini, tapi lebih luas, atau Unram yang mengadakan untuk umum," tambahnya (11/10).


Pendonor yang berpartisipasi dalam aksi tersebut sejumlah 32 orang yang terdaftar, 7 tidak memenuhi syarat pendonor, sehingga tercatat 25 orang yang telah mendonor. Dengan rincian 8 Golongan darah A, 8 Golongan darah B, 8 Golongan darah O, dan 1 Golongan darah AB. (Ren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar