Mahasiswa Berperan, Industrialisasi Berjalan - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Kamis, 17 November 2022

Mahasiswa Berperan, Industrialisasi Berjalan

Sumber: Tim Pena Kampus


Mataram, Pena Kampus – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mataram (Unram) jalin kerja sama dengan Dinas Perindustrian guna menggali potensi dan peran mahasiswa dalam menyongsong Industrialisasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk Indonesia. (17/11/22)

 

Dalam rangka mewujudkan Industri 4.0 serta menyongsong peran mahasiswa untuk memajukan ekonomi kreatif Indonesia. BEM Unram dan Dinas Perindustrian NTB jalin kerja sama dengan menggelar seminar Industrialisasi Goes To Campus pada 15 November sampai 16 November 2022 yang bertemakan “Menggali Potensi dan Peran Mahasiswa Dalam Menyongsong Industrialisasi di NTB Untuk Indonesia”. 

 

Seminar ini ditujukan untuk seluruh kalangan mahasiswa NTB dengan menghadirkan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Nuryanti, selaku Kepala Dinas Perindustrian NTB, Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana selaku Kepala Bursa Efek Indonesia NTB. Menariknya seminar ini juga dihadiri langsung oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

 

Seminar Industrialisasi Goes to Campus yang dibuka langsung oleh gubernur NTB berjalan dengan lancar. Dalam penerapannya Ia berharap mahasiswa mampu menjadi agen perubahan serta mampu menghadapi revolusi industri dengan bijak agar industrialisasi yang ada di NTB mampu dikenal dikancah internasional. 

 

Lebih jauh, gubernur yang akrab disapa Bang Zul itu menyampaikan pesan kepada mahasiswa melalui sambutannya. Bahwa mahasiswa sebagai pilar dari kaum muda sekaligus sebagai generasi pencetus harusnya menaruh perhatian lebih terhadap industrialisasi. 

 

Ia juga menambahkan selain sebagai pengguna, mahasiswa harusnya mampu mengambil langkah dan tempat sebagai kaum penggerak negeri dengan mengembangkan pola berpikir kritis dan tidak mudah tergerus dalam pengaruh negatif.

 

Menurut Bang Zul, industrialisasi di kalangan mahasiswa masih dianggap sebagai produk kapitalis. Dimana hanya pihak pemodal saja yang mendapat keuntungan. Selain pernyataan tersebut, Gubernur yang dikenal dengan misi industrialisasi itu juga menekankan bahwa mahasiswa harus berperan aktif dalam mengembangkan industrialisasi, dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada di NTB agar tidak bergantung pada produk luar. 

 

“Industrialisasi di kalangan mahasiswa ini kadang-kadang identik dengan kapitalis," jelas Zulkieflimansyah saat diwawancarai oleh tim Pena Kampus (15/11).

 

Senada dengan Gubernur NTB, Yudistira selaku Presiden mahasiswa Universitas Mataram mengajak kaum muda terutama mahasiswa untuk berpikir terbuka dan mengambil peran lebih untuk menyongsong kemajuan industrialisasi yang ada di Indonesia khususnya di NTB.

 

"Langkah pertama yang harus kita lakukan ketika ingin membangun produk ataupun industri besar perlu merubah mindset atau cara berpikir kita tentang industri itu sendiri," ungkap Mahasiswa semester 9 tersebut. (SNJ/IDA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar