Tingkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa, HMPS Bastrindo Adakan Seminar Psikoedukasi - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Minggu, 26 November 2023

Tingkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa, HMPS Bastrindo Adakan Seminar Psikoedukasi

(Sumber: Pena Kampus)


Mataram, Pena Kampus - Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS Bastrindo) menggelar seminar Psikoedukasi di Aula Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) Sabtu (24/11),  guna meningkatkan kesehatan mental mahasiswa Bastrindo sehingga diharapkan terbentuknya lulusan yang berkualitas. (26/11/23)


Mengusung tema, "Resiliensi Psikologis Sebagai Sarana Peningkatan Aspek Kognitif Mahasiswa" kegiatan seminar ini menjadi upaya prodi Bastrindo dalam meningkatkan intelektualitas mahasiswa Bastrindo, agar maksimal dalam menjalani proses perkuliahan dan diharapkan terbentuknya sumber daya mahasiswa Bastrindo yang kompeten dan memenuhi syarat standar kerja lapangan.


Lale Amelinda Elizar selaku pemateri seminar Psikoedukasi dalam menyampaikan materi berfokus pada bagaimana menumbuhkan kembali resiliensi atau ketangguhan dan kemampuan seseorang dalam beradaptasi terhadap lingkungan dan keadaan yang dihadapi,, "resilien adalah kemampuan adaptasi terhadap lingkungan, kemampuan bangkit dan ketahanan diri, semua orang mempunyai resiliensi, cuma tidak diasah," jelasnya.


Tidak sampai di sana, psikolog muda itu juga membagikan tips untuk menumbuhkan resiliensi melalui tiga cara yaitu, mengolah pikiran negatif, membangun kepercayaan diri, dan larangan untuk tidak terlalu memforsir diri sendiri, "pikiran negatif itu ibarat seekor kuda yang kita pegang tali kekangnya, jika tali kekang dilepas maka kita akan terbawa bersamanya." Tambah dosen fakultas kedokteran tersebut.


Seminar ini berlangsung selama 1 jam 30 menit dan berjalan kondusif, ditambah lagi dengan antusias para peserta yang menyimak materi dengan seksama. Kiky, salah satu peserta seminar memberikan alasannya mengikuti seminar.  "alasanku dateng, kerena ngerasain personal mentalku butuh dengerin tentang kesehatan mental makaknya aku dateng." Ungkapnya saat diwawancarai tim pena kampus.


Di satu sisi, omel juga menambahkan urgensi digelarnya seminar ini, "perlu banget! Karena keadaan mental seseorang bisa berubah dan butuh perhatian kurang dari satu bulan bahkan." Ucap mahasiswa semester lima itu. 


Informasi selanjutnya akan diberitahukan oleh panitia melalui redaksi khusus untuk mahasiswa bastrindo yang ingin berkonsultasi mandiri agar mendapat penanganan lanjutan. (Ida).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar