Gedung E FKIP UNRAM Ditempati Pasca Sarjana - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Rabu, 18 Desember 2013

Gedung E FKIP UNRAM Ditempati Pasca Sarjana

Mataram (Pena Kampus)-Gedung E Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unram yang rencananya diperuntukkan untuk mahasiswa regular sore dipergunakan oleh Program Pasca Sarjana. Padahal biaya pembangunannya sebagian besar berasal dari uang Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) yang dibayar mahasiswa regular sore sejak 2002.
DR. Wildan, M.Pd, selaku Dekan FKIP Unram saat dihubungi mengatakan, setiap mahasiswa pasca sarjana berkonstribusi sebesar sepuluh persen dari SPP mereka  untuk FKIP. “Sah-sah saja apabila mereka (mahasiswa pasca-red) menggunakan Gedung E sebagai tempat perkuliahan dan menggunakan fasilitas yang ada di FKIP.
Sementara itu Pembantu Dekan II, Drs. Kaharudin, M.Hum, saat ditanyakan mengenai kontribusi sepuluh persen dari SPP mahasiswa pasca sarjana ke FKIP seperti yang dilontarkan DekanFKIP, mengatakan tidak tahu menahu masalah konstribusi mahasiswa pasca sarjana kepada FKIP. “Kalo masalah konstribusi pasca sarjana mungkin perlu saya bicarakan dengan Pembantu Rektor II, karena saya tidak tahu pasti dana sepuluh persen tersebut,’’ jelasnya.
Meskipun demikian, menurut Kaharuddin  semua gedung yang ada di FKIP i adalah milik bersama baik mahasiswa reguler maupun mahasiswa pasca. Jadi siapapun bisa menggunakannya sesuai dengan yang sudah di jadwalkan oleh bagian Akademik FKIP Unram.

 
Sejauh ini proses perkuliahan memang berlangsung sesuai dengan jadwal. Tidak ada jadwal yang bentrok antara mahasiswa pasca sarjana dengan mahasiswa reguler sore. Meskipun demikian, Anisa Yuliandari, salah seorang mahasiswa Bahasa Inggris regular sore mengatakan program pasca tidak boleh seenaknya menggunakan gedung E. “Lah, tidak bisa begitu sih. Kok enak sekali kita yang bayar malah gak nempatin gedungnya. Harusnya kita juga pake dong kalau memang kita bayar untuk pembangunan gedung itu,” tandas Anisa. Menurutnya permaslahan ini tidak adil karena menganggap hanya menguntungkan salah satu pihak saja.
Komentar protes juga datang dari salah satu Ketua Organisasi Mahasiswa (ormawa) FKIP Unram yang tidak mau disebutkan namanya. Menurutnya meskipun perkuliahan mahasiswa reguler dan pasca sudah dijadwalkan dan tidak ada yang bentrok, namun tetap saja mahasiswa pasca tidak memiliki hak yang sama dengan  mahasiswa reguler untuk menggunakan fasilitas yang ada di FKIP. ‘’Mahasiswa pasca tersebut bernaung langsung dibawah rektorat bukan di fakultas, jadi seharusnya mereka kuliahnya di rektorat, mereka itu hanya titipan rektorat,” Protesnya.

Pendapat berbeda justru dilontarkan oleh salah seorang mahasiswi regular sore, Baiq Hikmatul Hasanah. Ia mengatakan tidak masalah meskipun mahasiswa pasca sarjana juga kuliah di gedung E.  “Ya, gak masalah sih selama kita masih bisa belajar. Toh jadwalnya juga disusun supaya gak bentrok, kan?” tandasnya. ( Nad/Sulton/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar