Renovasi FKIP Proritaskan Pascasarjana - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Rabu, 14 Januari 2015

Renovasi FKIP Proritaskan Pascasarjana

Mataram (Pena Kampus)  – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan (FKIP), Wildan dan perencenaan FKIP, Munthari, menjelaskan bahwa renovasi FKIP lebih ditujukan pada pemenuhan ruang kuliah dan penataan ruang secara optimal khususnya ruang sekretariat dan ruang dosen FKIP Unram. Sebanyak tujuh belas ruangan dipindahposisikan kedudukannya sesuai dengan keputusan Dekanat, enam diantaranya untuk kepentingan perkuliahan Pasca.
“Kita memiliki empat program S2, yakni Bahasa Inggris di lantai tiga, Bahasa Indonesia di sini, IPA di sini, ya jadinya mahasiswanya bingung. Nah, jadi yang pertama kita usulkan untuk hal itu serta berdasarkan usulan kebutuhan tiap program studi,” ujar Wildan, Dekan FKIP yang diwawanarai di ruangannya, (24/ 12).
Berdasarkan susunan rencana ruang sekretariat dan ruang dosen FKIP Unram yang berlaku mulai semester genap tahun 2014/2015. Sebanyak enam ruangan dialih-fungsikan untuk keperluan S2. Diantaranya Sekretariat S2 Pendidikan Bahasa Indonesia pindah ke ruang dosen Bahasa Inggris-berbagi dengan S2 Bahasa Inggris-, Sekretariat S2 Pendidikan MIPA pindah ke ruang dosen Bahasa Inggris -berbagi dengan S2 Bahasa Indonesia-, Sekretariat Jurusan/Prodi Bahasa menjadi ruang baca pascasarjana -berbagi dengan ruang Sekretariat S2 Pendidikan MIPA-, ruang dosen Bahasa Indonesia menjadi ruang kuliah pascasarjana -dipecah menjadi dua ruangan-, dan ruang BEM menjadi toilet dosen dan mahasiswa pascasarjana.
Berdasarkan penuturan Wildan, sebenarnya program pascasarjana ini bukan menjadi proyek fakultas namun merupakan mandat dari pihak universitas. Berhubung program pascasarjana ini belum memliki gedung kuliah, jadi pihak fakultas harus menampung program S2 yang bersangkutan. Untuk FKIP sendiri menampung empat program pascasarjana yakni Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan MIPA dan Manajemaen Pendidikan
“Renovasi sudah dilakukan sejak satu setengah bulan yang lalu mulai dari November, dan seharusnya selesai pada 20 Desember 2014 kemarin sesuai dengan tanda tangan proyek oleh pemborong dan tidak ada kegiatan lagi setelah tanggal tersebut,” ujar Munthari, Kepala Perencanan FKIP di ruangannya (24/12/ 14). Namun pada kenyataannya hingga menjelang akhir bulan desember pun kegiatan renovasi ini masih berlangsung. Muntari menjelaskan, bahwa kepala mandornya mengatakan bahwa kegiatan renovasinya hanya tinggal finishing saja. Anggaran dana yang tidak sedikit yaitu mencapai dua miliar untuk renovasi FKIP ini, seharusnya harus tepat pengerjaannya.

Dampak dari renovasi ini pun sangat terasa di pihak dosen dan mahasiswa khususnya. Roby, mahasiswa Pendidikan Kimia saat diwawancarai menyatakan bahwa pelaksanaan renovasi FKIP ini tidak tepat yaitu saat aktif kegiatan pembelajaran. Ia merasa terganggu dan susah untuk menerima materi pembelajaran dari dosen. Suara bising dan gaduh dari mesin yang digunakan saat renovasi mengalahkan suara dosen yang notabenenya memiliki volume suara kecil. Ditambah lagi, hari-hari ini merupakan pra Ujian Akhir Semester (UAS) di mana materi pembelajarannya sedang padat-padatnya. "Seharusnya pelaksanaan renovasi FKIP ini mungkin bisa di saat libur tenang atau setelah UAS saja agar tidak menggangu kegiatan pembelajaran," imbuhnya. (mia/rug)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar