Workshop dan Launching Bank Sampah, Kiat Awal BEM Unram Atasi Sampah - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Minggu, 26 Mei 2019

Workshop dan Launching Bank Sampah, Kiat Awal BEM Unram Atasi Sampah


Pembukaan acara “Workshop Zero Plastic dan Launching Bank Sampah”


Mataram, Pena Kampus- Untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang sampah, Kementrian Sosial Lingkungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mataram (Unram) mengadakan workshop sekaligus launching program bank sampah yang bertempat di Aula Unit Pelaksanaan Tugas (UPT) Perpustakaan pada Kamis (23/05).

Workshop dengan tema “Workshop Zero Plastic dan Launching Bank Sampah” ini merupakan langkah awal untuk merealisasikan salah satu program kerja BEM universitas, yakni bank sampah. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III dengan Aisyah Odist, pendiri Bank Sampah NTB Mandiri sebagai pemateri dan dihadiri oleh 190 mahasiswa yang tersebar dari semua fakultas yang ada di Unram.

Tujuan dibuatnya program Bank Sampah Unram untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa Unram tentang sampah, karena seandainya sampah diolah dengan baik terutama sampah plastik yang sulit untuk diurai, maka akan menghasilkan barang yang memiliki nilai. “Sistem kerja bank sampah ini adalah, mahasiswa dapat menabung sampahnya pada pihak BEM dan sampah tersebut akan ditukarkan dengan uang atau apa pun yang memang memiliki nilai,” jelas Ilham Sapriandi selaku Mentri Sosial Lingkungan.

Acara yang sudah disusun sejak awal bulan April lalu sempat tertunda sampai akhir bulan Mei, hal ini disebabkan oleh beberapa permasalahan yakni kurangnya anggota kepanitiaan dan bentrok dengan program kerja BEM universitas yang lain. Akan tetapi acara ini bisa terselenggara dengan baik meski hanya dengan sebelas orang anggota kepanitiaan. “Bank sampah ini rencananya akan mulai beroperasi setelah lebaran, kemungkinan pada akhir bulan Juni,” tutur Apriadin selaku ketua panitia.

Seluruh anggota kepanitiaan berharap agar program Bank Sampah Unram ini bisa terlaksana dan memunculkan dampak positif dan tidak hanya menjadi wacana semata. Hal ini adalah suatu langkah besar yang diambil oleh pihak BEM universitas untuk menanggulangi permasalahan sampah yang memang sudah menjadi salah satu permasalahan akut di Unram karena kurangnya perhatian dan kesadaran mahasiswa akan dampak buruk yang dapat diakibatkan oleh sampah itu sendiri. Harapannya, semoga dengan dibuatnya bank sampah ini mahasiswa Unram akan menyadari dimulai dari melakukan hal yang kecil juga bisa menyelamatkan bumi. (dev)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar