PKKMB Unram 2023: Ada Peningkatan Dibandingkan Tahun Lalu - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 12 Agustus 2023

PKKMB Unram 2023: Ada Peningkatan Dibandingkan Tahun Lalu

 (Sumber: Pena Kampus) 

Mataram, Pena Kampus –Acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) disambut dengan peningkatan output yang signifikan (12/08/2023).

 

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 1850 mahasiswa baru tersebut digelar di Gedung Auditorium Yusuf Abu Bakar Unram. Panitia dari kegiatan ini terdiri dari gabungan staff dan dosen Unram juga organisasi mahasiswa. Adapun Inti dari acara yang dilaksanakan ini yaitu untuk mengenalkan mahasiswa baru lebih awal mengenai kehidupan, visi – misi dan peraturan – peraturan yang ada di kampus. Sebagai salah satu kampus yang sedang berproses menuju kampus dengan akreditasi unggul, mahasiswa baru ini juga merupakan salah satu penopang dalam proses tersebut.

 

Ahmad Harjono selaku sekretaris panitia acara tersebut menyatakan bahwa bertambahnya jumlah mahasiswa baru menjadi salah satu indikator kesuksesan acara PKKMB tahun ini .“Tahun lalu mahasiswa yang mengikuti PKKMB berjumlah hampir 1700- an, sekarang meningkat menjadi 1850-an.” Ujar Harjono. Selain itu, ia  juga menyatakan jika di ranah akreditasi hal tersebut sudah sangat menguntungkan.

 

Acara ini berlangsung selama 3 hari. Hari pertama Jumat (11/08/2023), masing-masing mahasiswa baru diberikan informasi terkait lingkungan dan visi - misi prodi, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan fakultas dan pengenalan terkait etika kehidupan kampus (12/08/2023). Dan pada hari terakhir (13/08/2023) akan dilaksanakan pengenalan dan promosi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang berada di FKIP Unram yang dikenal juga dengan nama Ormawa Festival.

 

Adapun yang menjadi kendala menurut Harjono pada acara tahun ini yaitu dari fasilitas seperti kamera dan sound system yang kurang memadai, ruangan yang masih kurang luas dan kolaborasi panitia antara satu sama lain yang masih kurang. Kurangnya kolaborasi pun disebabkan oleh beberapa kendala seperti panitia yang sakit dan lain sebagainya. Hal ini juga dikonfirmasikan oleh Ledang Surya selaku panitia perwakilan Ormawa. “Tadi malam Ada miskomunikasi yang menyebabkan persiapan menjadi lambat dan juga ada beberapa staff yang menjadi operator dan lainnya dalam keadaan yang kurang sehat”. Ucap Ledang

 

 

Peran Organisasi Mahasiswa dan Tanggapan Mahasiswa Baru

 

Ormawa sebagai salah satu panitia juga memberikan peran penting dalam acara PKKMB tahun ini dikarenakan langsung dibawah komando fakultas dan membantu persiapan dan pelaksanaan PKKMB. Adapun bentuk output positif yang dirasakan dari Ormawa sendiri menurut Ledang yaitu meningkatnya kolaborasi dan harmonisasi antar Omawa.

 

Acara ini juga mendapatkan tanggapan positif dari peserta PKKMB itu sendiri. Mereka juga berharap kuliah mereka dan acara PKKMB selanjutnya sukses selalu. Bahkan salah satu mahasiswi baru, Aliya Rahayu berharap agar kedepannya sehabis acara peserta tetap menjaga kebersihan. “Kalau bisa yang maba – maba itu jangan buang sampah sembarangan.” Ujar Aliya (12/ 08/2023) (Uso, Ian).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar