SERBA-SERBI KARISMA 2012 - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Sabtu, 06 Oktober 2012

SERBA-SERBI KARISMA 2012



Ospek, kegiatan tahunan yang dilaksanakan BEM dan seluruh Mahasiswa Baru, tercatat jumlah Mahasiswa Baru Reguler pagi sebanyak 612 orang dan Mahasiswa Baru Reguler sore 651 orang. Terlihat hingga hari kedua pelaksanaanya, para Mahasiswa Baru maupun panitia belum menggunakan kaos pengenal. Panitia menggunakan Almamater dan kartu pengenal saja, sedangan Maba mengguakan kemeja putih dan bawahan hitam.

Deni Harianto selaku ketua panitia reguler pagi Karisma 2012 menjelaskan bahwa jumlah panitia Karisma sebanyak 80 orang yang berasal dari perwakilan HMPS, UKMF, dan BEM.  Sekitar 30 % panitia Karisma di ambil dari anggota BEM. Panitia Karisma 2012  juga mengemukakan bahwa mereka telah mempersiapkan Karisma dengan semaksimal mungkin, meskipun waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan acara tersebut kurang dari satu bulan, waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan Karisma 2012 lebih singkat dibandingkan dengan  Panitia Karisma reguler sore 2012 yang sudah satu bulan yang lalu mulai mempersiapkannya. Keterlembatan tersebut di sebabkan karena beberapa faktor salah satunya karena pelantikan BEM.
 Pihak Rektorat telah mencairkan dana sejumlah 80% ( Rp.26.950.000), 11, 5 % terhitung pajak dan sejumlah 20% dana tersebut masih ditahan olehnya, dana tersebut diperoleh dari universitas yang dibayar oleh Mahasiswa ketika mendaftar ulang yakni sejumlah Rp.55.000,00/orang. Rp.10.000,00 di gunakan untuk Ospek Universitas dan Rp.45.000,00 untuk Ospek Fakultas. Rp.45.000,00 digunakan untuk pembelian baju Karisma dan konsumsi.  Ketua panitia menuturkan bahwa dana Karisma hanya diperoleh dari pihak Rektorat saja , tidak ada sedikitpun dana yang diperoleh dari BEM FKIP karena tidak ada sisa uang dari kepengurusan BEM tahun lalu. sehingga panitia Karisma 2012 harus meminimalisir dana agar dana yang diberikan dari pihak Rektorat cukup untuk memenuhi semua kebutuhan  yang diperlukan oleh panitia dan Mahasiswa Baru, dan pada akhirnya pihak panitia meminimalisir pengeluaran dana dengan mengurangi waktu pelaksanaan Karisma. Agenda yang dijadwalkan untuk hari pertama dimulai dari pukul 07.00-13.00 wita guna untuk mengurangi dana anggaran konsumsi.
 Pihak Dekanat, menekankan kepada panitia Karisma agar Karisma tahun ini lebih banyak memberikan materi tentang pendidikan berkarakter serta Teknis pengisian KRS kepada Mahasiswa Baru.
Deny (Ketua Panitia 2012)  juga menjelaskan bahwa Komdis (komisi disiplin) menetapkan tidak ada penjualan ‘jus madu’ atau sejenisnya kepada Mahasiswa Baru seperti tahun kemarin, karena Komdis tidak menginginkan Mahasiswa Baru terlalu terbebani.
Kepanitian Karisma 2012 Reguler Sore dibentuk satu bulan sebelum Karisma di selenggarakan. Sedangkan untuk pelaksanaan Karisma reguler sore dari pihak panitia mengatakan sebanyak 651 Maba yang tercatat sbagai peserta namun hanya 586 Mahasiswa Baru yang mendaftar untuk mngikuti Karisma 2012, jumlah Maba yang mengikuti Karisma 2012 lebih banyak dibandingkan reguler pagi, mengingat adanya penambahan prodi untuk PKN, MATEMATIKA dan PGSD. sejumlah 76 orang panitia berasal dari perwakilan masing-masing UKMF, HMPS dan BEM. Pelaksanaan Karisma ini ditekankan sama seperti reguler pagi agar  memberikan lebih  banyak materi-materi tentang Pendidikan Berkarakter dan Teknisi pengisian KRS, sisanya ada games untuk hiburan dengan tidak memberlakukan gojlok-menggojlok kepada Maba yang dianggap tidak mendidik.  
Ketua panitia reguler sore (Galuh pramananda) mengaku bahwa dana  pelaksanaan Karisma ini belum sepenuhnya cair sehingga untuk menanggulanginya  pihak panitia melakukan peminjaman dana dari IOMA (iuran mahasiswa). dana dari Universitas belum dicairkan disebabkan karena Maba reguler sore mendaftar ulang dua hari sebelum Technical Meeting sehingga dari pihak rektorat belum dapat mencairkan dana tersebut. Panitia Karisma meminjam dana dari IOMA yang seharusnya dianggarkan kepada UKMF dan HMPS. pinjaman IOMA tersebut digunakan untuk pembuatan baju panitia dan Mahasiswa baru, tercatat sekitar 16 juta dana yang dipinjam dari IOMA tutur Ketua Panitia reguler sore.pihak panitia masih menunggu pencairan dana dari pihak rektorat, Ketua Panitia berjanji paling lambat dana IOMA akan dikembalikan tanggal 15 September 2012.

Kilas dari Para Penegak Hukum (KORLAP : Koordinator lapangan)
Dari panitia korlap sendiri mengaku sangat kewalahan dalam merapikan barisan,memeriksa atribut dan barang perlengkapan. Hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah mahasiswa baru dan minimnya jumlah tim kami,bayangkan saja tim kami hanya berjumlah 12 orang sedangkan gugus yang harus dihadapi berjumlah 16 gugus masing masing gugus berjumlah 40 orang. Sejauh inikami melihat banyak Mahasiswa Baru yang melanggar peraturan, seperti halnya mahasiwi dilarang memakai jilbab paris padahal sejak TM panitia telah mewajibkan untuk tidak mengenakan jilbab paris tersebut, untuk mahasiswa baru yang tidak menaati peraturan jelas kami hukum ungkap salah seorang anggota koordinator lapangan. [Nurfa/Suci/Nuri]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar