Roadshow dan Sosialisasi Program Beasiswa Bank Indonesia - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Kamis, 21 Februari 2019

Roadshow dan Sosialisasi Program Beasiswa Bank Indonesia


Mataram, Pena Kampus  -  Bank Indonesia mengadakan Roadashow dan sosialisasi tentang Beasiswa BI serta mengenai salah satu program kerja dari Generasi Baru Indonesia atau disingkat Genbi NTB. Genbi NTB merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia, Genbi NTB tergabung dari mahasiswa beberapa Universitas Negeri di NTB.

Roadshow dan sosialisasi yang diadakan pada hari Rabu, 20/02/2019 di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Universitas mataram dihadiri oleh sekitar 330 mahasiswa dari Universitas Mataram. Walau beasiswa ini diperuntukan pada mahasiswa di beberapa fakultas saja seperti, fakultas Ekonomi, MIPA, Peternakan, Teknik, dan Prodi Ilmu Komunikasi, FKIP (khusus untuk prodi pendidikan matematika) juga harus mahasiswa semester IV dan VI sebagai persyaratannya akan tetapi tak dipungkiri, begitu banyak mahasiswa semester awal dan dari fakultas yang tak tertera pada persyaratan berantusias untuk mengikuti acara tersebut.

Program Beasiswa ini sudah dimulai sejak tahun 2011, yang diikuti oleh 104 perguruan tinggi negeri, 16 program studi, dan 4.930 mahasiswa. Ada dua jenis beasiswa yaitu beasiswa reguler dan unggulan. Untuk beasiswa unggulan diikuti oleh 8 Perguruan tinggi dengan beasiswa yang didapatkan sebesar 1.500.000 per bulan, sedangkan untuk beasiswa reguler mendapatkan beasiswa 1.000.000 per bulannya.

Untuk saat ini beasiswa dari Bank Indonesia ini hanya untuk mahasiswa yang S1 dengan syarat mahasiswa tersebut adalah mahasiswa aktif di universitasnya, tidak menerima beasiswa lain, aktif mengikuti organisasi, tidak mampu, dan minimal memiliki IP 3,00. Untuk tahun ini jumlah quota untuk setiap universitas adalah 50 orang. Jadi ada persaingan yang begitu ketat untuk mendapatkan beasiswa ini. Selain memiliki IPK tinggi, mahasiswa yang mengikuti seleksi juga harus mengirim Esai sebagai bahan pertimbangan. Karena, setiap mahasiswa yang terpilih akan menjadi anggota Genbi NTB. Karena  Genbi NTB bukan hanya sekumpulan mahasiswa pemilik IPK tertinggi, tetapi mahasiswa yang pedui akan masyarakat.

Selain program kerja beasiswa ini, Genbi juga memiliki program kerja Bina Desa yang membuat anggotanya harus mendedikasikannya dirinya untuk masyarakat. Salah satu misi Bank Indonesia mengadakan program kerja seperti ini tidak lain adalah untuk memotivasi mahasiswa dan masyarakat (Dev / Han).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar