KIP-K Bukan Syarat Yudisium di FKIP Unram - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Senin, 13 Maret 2023

KIP-K Bukan Syarat Yudisium di FKIP Unram

Sumber: Pena Kampus


Mataram, Pena Kampus - Pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) konfirmasi tidak pernah menjadikan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) sebagai syarat dalam pendaftaran yudisium, mahasiswa penerima beasiswa tidak perlu membayar.


Mahasiswa penerima beasiswa KIP-K di FKIP Unram dihebohkan dengan menangkap layar chat WhatsApp dari seorang mahasiswa dengan salah satu pengurus Forum Mahasiswa Pembidik Prestasi (Formadiksi). Isi chat tersebut menyatakan bahwa KIP-K merupakan salah satu persyaratan yudisium untuk beasiswa penerima.


Menanggapi isu yang beredar di kalangan mahasiswa, pihak fakultas mengklarifikasi kartu identitas tersebut tidak dijadikan syarat saat pendaftaran. 


Staf Akademik FKIP, Dana menerangkan bahwa mahasiswa penerima beasiswa akan terlihat di sistem registrasi (sireg) Unram dari bukti pembayaran yang tertera di sistem. Status mereka sebagai mahasiswa penerima beasiswa sudah bisa dibuktikan dengan bukti pembayaran SPP yang tertera Rp. 0, "kalau dia 0, pasti mahasiswa penerima beasiswa." Imbuhnya. 


Oleh karena itu KIP-K tidak perlu lagi untuk dilampirkan ataupun ditunjukkan saat mendaftar yudisium. “Tidak ada syarat kartu identitas," tambah Dana.


Guna memastikan isu yang beredar, tim Pena Kampus menemui pengurus Formadiksi pada Rabu (8/3/23) di sekretariat Formadiksi untuk mendapatkan konfirmasi. Vega selaku Sekertaris Departemen Advokasi Formadiksi  membenarkan bahwa banyak mahasiswa penerima beasiswa menghubungi tim Formadiksi untuk minta dibuatkan kartu identitas tersebut guna keperluan persyaratan yudisium, termasuk juga mahasiswa dari FKIP Unram. "Banyak mahasiswa dari FKIP menghubungi kami minta dibuatkan, katanya untuk syarat yudisium.” Jelas Vega. 


Meski sumber awal chat tersebut tidak diketahui, tetapi beberapa mahasiswa membagikannya melalui story WhatsApp (WA). Akibatnya banyak mahasiswa merasa takut karena belum membeli kartu identitas tersebut di Formadiksi. Mahasiswa khawatir jika saat mendaftar yudisium, mereka akan diminta kartu identitas yang dimaksud. 


Salah satu mahasiswa yang berinisial T, penerima beasiswa KIP-K, dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengaku takut dengan isu yang beredar, “kemarin dibilang syarat yudisium dan kebetulan dia yang posting itu memang pengurus bidikmisi jadi agak takut.” Ungkapnya (11/3/23) 

(Tangkap layar chat yang beredar)


Sementara itu, persyaratan yudisium di FKIP Unram yang sudah dicetak  di papan pengumuman akademik adalah sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Dari Ketua Jurusan/ Program Studi
  2. Transkrip Akademik Telah Dicapai
  3. KHS Dari Semester 1 sd Terakhir
  4. Bebas Pinjam Perpustakaan Wilayah, Unram, dan Fakultas
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir : 3 lbr
  6. Kwitansi SPP Terakhir 
  7. Pas Foto Hitam Putih: 
    • Ukuran 3,5 x 5 cm : 6 lbr
    • Ukuran 3 x 4 cm : 6 lbr
    • Ukuran 2 x 3 cm : 3 lbr

 (Beq, Saf, Sah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar