Overactfest dalam Pementasan Prodo Imitatio - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Kamis, 13 Juli 2023

Overactfest dalam Pementasan Prodo Imitatio

(Sumber: Overact)

Mataram, Pena Kampus - Seorang pemuda mengenakan toga wisuda berteriak yang menawarkan cara mudah  meraih gelar sarjana. Hal ini mengemuka pada fenomena Mahasiswa yang sering mengandalkan jasa joki tugas akhir skripsi. 

Naskah karya Arthur S. Nalan dari lakon Prodo Imitatio dipentaskan di Kantin Milenial, FKIP, Unram pada Kamis (06/07/23).  Pementasan teater tunggal ini menampilkan Prodo sebagai mahasiswa pemalas dari keluarga kaya. 

Kritik dan sarkasme dibangun dalam setiap adegan dengan memperlihatkan uang yang dapat membeli semua jenis gelar sarjana . Prodo yang mengenakan jubah hitam menjadi sarjanawan dengan gelar doktor imitasi sedang menjalankan bisnis jual beli gelar di lingkungan akademik. Ia menawarkan bisnisnya untuk orang-orang yang ingin memiliki kekuasaan dan gila akan kehormatan di negeri Amarakua.

Lampu sorot dipadamkan menampilkan Prodo kini memakai baju tahananan. Kali ini Prodo sedang membaca Koran yang memberitakan tentang dirinya, “yang ditangkap penjualnya tetapi pembelinya dibiarkan begitu saja tanpa sangsi apa-apa, bahkan akhirnya yang jadi orang penting,” ucap Prodo.

Membenah Pikiran

Overact Theatre menjadi komunitas teater di Mataram yang konsisten dalam menyelenggarakan Overactfest dan sudah menjadi program tahunan. Pementasan Overactfest dirangkaikan dengan diskusi bedah naskah pra-pertunjukan. Kali ini pemantik dalam lakon Prodo Imitatio ialah Galih Mulyadi atau akrab disapa kak Mul. 

Ia melihat naskah ini masih relevan dengan lingkungan kampus, “isu yang membangun sebuah naskah pertunjukan yang menarik atau berhasil dipentaskan adalah naskah yang sederhana dan dekat dengan kita (penonton),” terangnya pada Rabu, (05/07/23).

Pementasan teater tunggal ini sengaja memilih halaman kampus bukan tanpa tujuan, “kampus adalah tempat dengan sirkulasi pengetahuan dan pikiran kritis para mahasiswa,” tutur Arga, pemeran Prodo (06/07/23). 

Overactfest ketiga berlangsung dari tanggal 03 - 08 Juli 2023, Overact theatre membawa tiga naskah dalam pertunjukan Overactfest diantaranya Prita Istri Kita, Prodo Imitatio, dan Op. Cit/Trance-de-sagazan. (Nop, Nur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar